Header Ads

home ads

Hilangkan Karat pada Mobil dengan Tiru Trik Ini!

 



Meski harga mobil bekas terbilang cukup murah dibanding mobil baru, banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk membeli mobil bekas. Alasannya karena mobil tersebut dikhawatirkan sudah tidak layak pakai atau bahkan cepat rusak. Padahal, tidak semua mobil bekas dijual dengan kualitas buruk—beberapa di antaranya bahkan masih layak disandingkan dengan mobil baru.

Padahal meskipun bekas, tetapi mobil tersebut tetap bisa memiliki tampilan dan performa yang baik asal perawatannya diperhatikan. Termasuk jika masalahnya adalah adanya karat pada bagian bodi mobil. Caranya yaitu dengan segera menghilangkan karat tersebut dengan cara yang benar, yaitu :

1. Beri pelumas

Cara paling ampuh yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas karatan di bodi mobil adalah memberi pelumas, seperti oli, misalnya. Pelumas ini bisa diberikan pada bagian yang berkarat atau bisa pula diberi pada bagian engsel mobil karena komponen ini letaknya sangat tersembunyi dan jarang dirawat. Apabila karatannya masih terlihat olesi lagi pelumas ke bagian tersebut sampai benar-benar hilang.

2. Hilangkan dengan air cuka

Karatan yang muncul tersebut juga bisa dihilangkan dengan memberinya air cuka. Kandungan asam asetat atau asam sitrat yang terdapat di dalam cuka ampuh menyingkirkan karat, khususnya di permukaan bodi mobil. Cara melakukannya pun mudah hanya perlu menyiapkan air, cuka, lap, dan sikat. Setelah itu, campurkan beberapa tetes cuka ke dalam air dan kemudian gosokkan pada bagian yang berkarat. Apabila bagian berkarat tersebut bisa dibongkar, Anda tinggal merendamnya selama 1 – 2 hari di dalam air rendaman cuka.

3. Hilangkan dengan jeruk nipis & lemon

Jeruk nipis & lemon pun bisa dijadikan sebagai bahan alami penghilang karatan pada bodi mobil. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah: tinggal menaburi permukaan yang berkarat dengan garam, lalu kemudian gosok dengan air perasan lemon maupun jeruk nipis. Jika bisa dilepas, maka rendamlah komponen tersebut dengan air campuran jeruk nipis maupun lemon agar lebih mempermudah pekerjaan Anda.

4. Hilangkan dengan baking soda

Jika hanya ada baking soda, maka gunakanlah bahan tersebut untuk menghilangkan karatan pada bagian bodi mobil. Kandungan yang tersimpan di dalam baking soda dipercaya ampuh dalam membasmi karatan yang menempel di bodi mobil. Lantas, bagaimana cara menghilangkannya? Siapkan air, baking soda, lap, dan sikat. Kemudian, campurkan baking soda dengan air dan basahi lap dengan air campuran tersebut. Selanjutnya, gosoklah bagian yang ada karatnya, jika mau bisa pula memakai sikat.

Sangat praktis bukan menghilangkan karatan pada bodi mobil? Supaya karatan tidak semakin parah, maka jika Anda berkendara di bawah hujan segeralah mencuci mobil tersebut demi mencegah munculnya karatan lain di mobil. Selain itu, rajinlah untuk mencuci mobil Anda secara berkala untuk menghindari timbulnya karatan tersebut.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 
 
 
 


Tidak ada komentar