Header Ads

home ads

Bermain Futsal Aman dari Cedera, Ini yang Perlu Anda Lakukan

Anda berolahraga pasti punya tujuan agar tubuh sehat. Yakin itu bisa? Belum tentu, kadang berolahraga tak juga bisa menyehatkan. Kalau salah melakukan, bukan sehat yang akan Anda dapat, justru akibat yang fatal, bahkan bisa berujung nyawa Anda melayang. Sudah banyak kejadian seseorang jiwanya melayang saat sedang berolahraga. 



Kasus seperti ini sering juga terjadi pada jenis olahraga permainan futsal, baik saat sedang bermain atau usai bermain futsal. Bagi sebagian orang, futsal masih tergolong olahraga baru dan belum sepopuler olahraga lainnya, misalnya sepakbola. Oleh karenanya, Anda perlu tahu apa yang harus Anda lakukan agar terhindar dari kejadian fatal tersebut. 

Ingin terhindar dari cedera atau kecelakaan olahraga lainnya saat bermain futsal? Anda harus tahu, ternyata ada beberapa hal wajib yang harus Anda lakukan, yang mencakup sebelum, saat bermain maupun sesudah bermain.

Berikut, beberapa hal yang perlu dilakuan sebelum bermain futsal :

1. Memahami aturan permainan

Memahami aturan main dalam permainan apapun, termasuk futsal tentu wajib hukumnya bagi setiap pemainnya. Tujuannya disamping agar permainan itu sendiri bisa berjalan baik, juga untuk menjaga para pemainnya dari cedera atau kecelakaan olahraga lainnya. Sudah pasti, dengan mengetahui aturan main membuat pemain tahu batas-batas yang boleh dilakukan maupun dilarang. Dengan demikian, risiko cedera yang bisa disebabkan ulah pemain yang bersangkutan atau pemain lain bisa diminimalkan.

2. Pemanasan

Pemanasan atau warming up sebelum bermain futsal penting Anda lakukan, tujuannya adalah untuk merenggangkan otot, adaptasi tubuh dengan lapangan atau lingkungan sehingga tubuh tidak rentan dari cedera. Anda bisa melakukan pemanasan dengan cara lari-lari kecil mengelilingi lapangan, senam yang ringan, atau gerak tubuh lainnya untuk membuat otot Anda lemas dan siap bermain futsal. Bermain futsal tanpa pemanasan akan berpotensi cedera karena otot tubuh Anda masih kaku karena belum dipanaskan atau terbiasa.

3. Tidak makan yang berat

Sebelum main futsal disarankan tidak makan yang berat, idealnya dilakukan 2 atau 3 jam sebelum bermain. Makan berat mendekati waktu bermain, 30 menit atau bahkan 15 menit sebelum bermain membuat tubuh Anda akan lemas, terasa panas pada bagian perut dan nyeri pada bagian pencernaan. Penting juga untuk Anda perhatikan, hindari minum minuman berenergi dan minuman yang mengandung kafein sebelum main futsal, karena akan membuat jantung Anda berdegup kencang dan cepat lelah.

4. Gunakan sepatu khusus futsal

Bermain futsal yang aman membutuhkan sepatu khusus untuk futsal. Sepatu futsal berbeda dengan sepatu olahraga pada umumnya yang biasa Anda gunakan untuk jalan santai atau lari pagi. Namun sepatu ini memang sepatu yang dibuat khusus untuk futsal.

Untuk keamanan dan kenyamanan, pilihlah sepatu futsal yang lentur, agak tebal, dan harus keset atau tidak licin. Untuk itu, Anda bisa memilih sepatu futsal league sebagai pilihan sepatu futsal yang terbaik. Tujuannya adalah agar kaki terlindung dari benturan-benturan dan tidak mudah terpeleset di lapangan futsal yang biasanya terbuat dari rumput sintesis atau beton yang cukup licin.

Sedangkan saat bermain dan setelahnya, ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan, diantaranya :

1. Memahami irama permainan.

Futsal cenderung memiliki irama permainan yang cepat dalam mengolah bola dari kaki ke kaki. Ini karena lapangan futsal yang kecil dan jumlah pemain yang begitu banyak. Oleh karenanya, bagi Anda yang belum biasa bermain futsal mungkin akan kaget. Untuk itu Anda perlu menyesuaikan dengan irama permainan yang baru ini agar tidak salah dalam bermain yang mungkin saja bisa berakibat cedera.

2. Mengatur waktu istirahat.

Bagi Anda yang belum biasa main futsal mungkin akan cepat merasa lelah, karena memang futsal termasuk olahraga yang cukup menguras tenaga. Untuk itu, Anda perlu mengatur waktu istirahat dan pastikan cukup mengonsumsi air mineral agar tak terjadi dehidrasi.

3. Lakukan pendinginan setelah bermain.

Ketika Anda bermain futsal maka otot-otot tubuh berada dalam kondisi tegang, untuk itu setelah bermain futsal Anda wajib melakukan relaksasi agar otot kembali normal. Hindari menekuk kaki setelah bermain futsal agar tidak memicu timbulnya varises.

4. Tidak langsung mandi setelah bermain.

Harus diingat, setelah selesai main futsal jangan langsung mandi. Ini kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah berolahraga termasuk futsal, karena bisa menyebabkan sakit yang berujung pada kematian. Untuk mandi, tunggu saat sampai keluarnya keringat mereda dan panas tubuh kembali normal.

5. Hindari minuman dingin setelah bermain.

Memang cukup menggoda minum apalagi minuman dingin setelah bermain futsal saat kondisi tubuh berkeringat dan haus. Tentu ini yang ada dalam benak Anda, namun ternyata ini adalah hal yang salah. Minum minuman dingin setelah bermain futsal justru dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Nah, begitulah tips bermain futsal yang aman dan terhindar dari cedera serta dampak negatif lainnya. Semoga Anda bisa paham dan tetap semangat bermain futsal untuk sehat.




Tidak ada komentar